Friday, December 28, 2018

Contoh dan Strategi Bauran Pemasaran

Contoh dan strategi bauran pemasaran ada karena adanya bauran pemasaran menurut para ahli. Untuk pertama kalinya bauran pemasaran ini dipakai oleh ahli Neil Borden pada tahun 1964. Borden in melakukan bauran karena mendapatkan inspirasi dari gagasan ahli yang bernama James Cullington pada tahun1948. Gagasan bauran pemasaran sendiri terdiri dari unsur unsur bauran pemasaran yaitu 4p.

teori bauran pemasaran

James merupakan seorang eksekutif bisnis yang memiliki peran dalam ‘mixer of ingredients yang mana kemudian Borden kembali berhasil dan menyusun daftar unsur serta elemen yang ada pada bauran pemasaran menjadi 12 aspek. Namun pada akhirnya Jerome McCarthy pada tahun 1968 kembali menggunakan aspek tersebut dan menyederhanakannya menjadi ringkas hanya menggunakan 4 aspek pokok yaitu Product, Price, Place dan Promotion.

Contoh dan Strategi Bauran Pemasaran Dengan Pemahaman Analisis SWOT

Pengertian Strategi Bauran Pemasaran

Dari pembahasan di atas tentunya Anda jadi tahu mengenai bauran pemasaran dengan menggunakan prinsip 4P. Namun Anda juga wajib tahu mengenai pengertian bauran pemasaran menurut para ahli yang diterapkan dalam strategi pemasaran. Hal ini bertujuan agar dapat mengambil langkah secara efektif untuk kepentingan di masa yang akan datang sebab perusahaan memang perlu rencana dan strategi pemasaran.

Berdasarkan pendapat dari W. Y. Stanton mengenai apa itu bauran pemasaran yang diterapkan dalam strategi pemasaran dalam lingkup yang umum. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa strategi bauran pemasaran adalah suatu hal yang memiliki tujuan sebagai perencanaan dan juga menentukan harga sampai adanya promosi.

Setelah menentukan dua hal tersebut maka konsep bauran pemasaran yang selanjutnya adalah bagaimana cara dalam mendistribusikan barang maupun jasa yang ada dalam perusahaan agar bisa memenuhi semua permintaan pasar yang memiliki potensi maupun nyata.
Contoh Nyata Strategi Bauran Pemasaran

Coba Baca : Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat
Sebelum Anda menerapkan contoh dan strategi bauran pemasaran menggunakan unsur bauran pemasaran yaitu strategi bauran pemasaran produk dengan aspek 4P. Maka Anda harus tahu terlebih dahulu mengenai aspek yang harus digunakan dan juga dipertimbangkan. Keempat aspek tersebut adalah strengths (S), weaknesses (W), opportunities (O), dan threats (T).

Sebuah implementasi bauran pemasaran yang menggunakan 4p wajib diawali dengan menggunakan analisis SWOT agar strategi yang sudah dibuat bisa berjalan dengan lancar dan menyeluruh. Berikut adalah penjelasan mengenai analisis SWOT”

Strengths atau yang dikenal dalam bahasa Indonesia adalah Kekuatan. Aspek kekuatan ini meliputi banyak hal diantaranya adalah sumber daya baik sumber daya manusia dan sumber dan daya alam, kemampuan yang dimiliki perusahaan dan juga faktor situasional yang positif agar dapat membantu dalam menciptakan perusahaan dalam melayani pelanggannya serta untuk tercapainya tujuannya.

Weaknesses atau Kelemahan. Kelemahan juga wajib untuk di perhatikan dalam membuat contoh dan strategi bauran pemasaran. Aspek kelemahan ini terdiri dari situasional yang condong negatif serta keterbatasan yang dimiliki perusahaan dan akan menimbulkan kemungkinan perusahaan tidak bisa menjalankan performa perusahaan dengan baik

Opportunities atau Peluang, aspek ini adalah faktor yang bisa diperoleh pada lingkungan luar dan nantinya bisa dipakai perusahaan untuk mencari laba atau keuntungan yang sudah di target.

Threats atau ancaman, adalah suatu faktor bisa timbul dari lingkungan luar perusahaan yang mungkin bisa menguntungkan, namun juga bisa menimbulkan tantangan baru bagi performa perusahaan.

Contoh dan strategi bauran pemasaran bisa dibuat setelah mengetahui bahwa bauran pemasaran adalah yang terdiri dari 4 aspek dasar. Dan sesuai dengan teori bauran pemasaran sebelum membuat strategi bauran pemasaran Anda harus memperhatikan adanya Prinsip SWOT.


EmoticonEmoticon