Friday, December 28, 2018

Fungsi Kebudayaan Bagi Masyarakat

Apa Arti Kebudayaan?

Kebudayaan memiliki arti yang luas. Herskovits memandang kebudayaan merupakan hal yang turun temurun yang kemudian disebut superorganic. Andreas Eppink berpendapat bahwa kebudayaan mengandung semua pengertian nilai sosial, ilmu pengetahuan, norma sosial, dan struktur-struktur sosial. Edward Burnett Tylor beranggapan bahwa maksud kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks di mana di dalamnya terdapat kepercayaan, pengetahuan, hukum, moral, kesenian, adat, dan berbagai kemampuan lain yang diperoleh seseorang sebagai anggota masyarakat.

Pengertian Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Prof. DR. Koentjoroningrat merupakan Sarjana Sastra Bahasa Indonesia lulusan Universitas Indonesia pada tahun 1952 dan berhasil meraih gelar M.A dari Universitas Yale, Amerika Serikat di bidang Antropologi pada tahun 1956 serta meraih gelar doktor antropologi pada tahun 1958 oleh Universitas Indonesia. Menurut Koentjoroningrat dalam berbagai artikel tentang kebudayaan, kebudayaan merupakan keseluruhan sistem gagasan, hasil karya, dan tindakan manusia dalam kehidupan. Kebudayaan menjadi milik diri setiap maanusia melalui belajar.

Wujud Kebudayaan Menurut Koentjaraningrat

Walaupun ada macam macam kebudayaan, menurut Koentjaraningrat kebudayaan dibagi ke dalam 3 wujud meliputi sistem ide, aktivitas, dan artefal. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya

macam macam kebudayaan
  1. Sebagai Sistem Ide
Wujud ini memiliki sifat yang sangat abstrak dan tidak dapat diraba karena berada di pikiran orang yang menganut kebudayaan tersebut. Kebudayaan diwujudkan sebagai sistem ide yang dapat dirasakan dalam kehidupan dalam bentuk adat istiadat, normal, agama, dan undang-undang atau hukum
  1. Sebagai Sistem Aktivitas
Wujud kebudayaan tersebut berupa kegiatan atau aktivitas sosial yang berpola dari individu di sebuah masyarakat. Sistem tersebut terdiri dari kegiatan manusia yang berinteraksi satu sama lain dan berkaitan dengan sesama secara berkelanjutan. Contoh kebudayaan di Indonesia yang termasuk wujud kebudayaan sebagai sistem aktivitas adalah upacara adat pernikahan masyarakat Yogyakarta, kampanye partai, dan pemilu di Indonesia.

  1. Sebagai Sistem Artefak
Kebudayaan sebagai sistem artefak merupakan wujud kebudayaan yang konkret dan dapat dilihat serta dirasakan secara langsung. Kebudayaan memiliki wujud fisik dan merupakan hasil-hasil kebudayaan mausia yang berupa tataran sistem pemikiran, ide, atau kegiatan yang berpola. Contohnya adalah wayang golek dari Jawa dan kain ulosdi Batak.  Pada pernikahan adat Jawa, ada berbagai mahar barang yang wajib diberikan oleh mempelai laki-laki pada mempelai wanita. Benda mahar tersebut menjadi perwujudan gagasan dan kegiatan individu yang merupakan hasil kebudayaan masyarakat.

Sifat sifat Kebudayaan

  1. Etnosentris
Kebudayaan ini menganggap kebudayaannya merupakan  yang terbaik daripada budaya lainnya. Etnosentrisme biasanya memandang rendah orang asing dan memandang buaya asing dari sudut pandang budayanya sendiri.

  1. Universal
Ini merupakan kebudayaan yang berusaha mencari jawaban atas berbagai problematika di masyarakat. Kebudayaan ini lebih merujuk ke rasionalitas untuk melihat ke depan demi kehidupan masyarakat majemuk yang lebih berkembang.

  1. Akulturasi
Ini merupakan sebuah proses sosial yang muncul ketika sebuah kelompok yang memiliki kebudayaan tertentu bertemu dengan unsur dari suatu kebudayaan lain. Nantinya kebudayaan asing itu akan diterima dan diintegrasikan ke dalam budaya mereka tanpa menghilangkan unsur kebudayaan kelompok tersebut.

  1. Adaptif
Kebudayaan merupakan sebuah mekanisme yang mampu menyesuaikan diri. Ini merupakan keberhasilan mekanisme untuk manusia karena memberikan keuntungan besar dalam kompetisi untuk bertahan hidup dari kehidupan lainnya. Contohnya adalah adaptasi terhadap budaya lain karena terjadi bencana alam di tempat asal sehingga harus berpindah ke tempat lain dengan budaya yang berbeda.

  1. Dinamis
Kebudayaan memiliki sifat statis yaitu selalu berubah. Walaupun tidak ada campur tangan kebudayaan lain, kebudayaan tersebut juga akan berubah seiring berjalannya waktu. Jika tidak dari luar, biasanya individu-individu baru di kebudayaan tersebut akan memperkenalkan variasi baru pada kebudayaannya. Atau perubahan lingkungan kebudayaan tersebut telah mengalami perubahan.

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon