Friday, December 28, 2018

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Manajemen merupakan sebuah proses untuk mengatur hal-hal yang dilakukan oleh organisasi atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi dengan cara memanfaatkan sumber daya yang ada. Istilah manajemen secara etimologi kuno diambil dari istilah bahasa Perancis management yang berarti seni mengatur dan melaksanakan. Manajemen juga dapat didefinisikan sebagai langkah perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.



Pengertian Manajemen Menurut George R Terry

Apa yang dimaksud manajemen menurut George R Terry merupakan sebuah  kerangka kerja atau proses yang melibatkan pengarahan atau bimbingan suatu kelompok orang mengarah ke tujuan-tujuan organisasi yang nyata

Pengertian Manajemen Menurut Henry Fayol

Henry Fayol telah menulis buku tentang manajemen dengan judul General Industrial Management. Buku tersebut membahas tentang manajemen di bidang industri. Henry Fayol dalam bukunya menjelaskan bahwa manajemen merupakan proses tertentu. Proses tersebut terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, menggerakkan sumber daya manusia, dan  melakukan pengendalian untuk mencapai tujuan

Manajemen Sebagai Proses

Pada dasarnya manajemen adalah sebuah proses. Sergiovanni dkk (1987) menjelaskan bahwa proses manajemen mencakup planning (perencanaan), organizing (pengorganisasian), leading (pengerahan), dan controlling (pengawasan). Sementara itu Gorton berpendapat bahwa manajemen pada hakikatnya adalah proses pemecahan masalah. Oleh sebab itu langkah-langkah dalam manajemen hampir sama seperti langkah-langkah untuk memecahkan masalah yaitu sebagai berikut.

  1. Mengidentifikasi masalah
  2. Diagnosis masalah
  3. Menetapkan tujuan
  4. Membuat keputusan
  5. Perencanaan
  6. Pengorganisasian
  7. Pengkoordinasian
  8. Pendelegasian
  9. Penginisian
  10. Pengkomunikasian
  11. Kerja kelompok
  12. Penilaian

Unsur Unsur Manajemen Menurut Para Ahli

Para ahli menyebutkan bahwa manajemen memiliki beberapa unsur. Berikut ini adalah beberapa unsur manajemen tersebut

  1. Sumber Daya Manusia (Man)
Ini adalah subjek pertama dan utama dalam unsur manajemen. Pasalnya manusia yang membuat perencanaan dan melaksanakan semua kegiatan perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan.
  1. Uang (Money)
Uang memiliki peranan penting dalam keberlangsungan perusahaan untuk membiayai semua kegiatan perusahaan. Pengeluaran adalah pengorbanan untuk menghasilkan keuntungan. Dengan uang yang memadai, manajemen perusahaan tentu akan lebih mudah untuk melakukan pengelolaan berbagai kegiatan perusahaan untuk mencapai tujuan yakni mendapatkan laba yang maksimal.
  1. Bahan Baku (Materials)
Ini adalah unsur manajemen yang digunakan pada proses produksi dari suatu produk. Bahan baku merupakan syarat utama di perusahaan manufaktur sehingga dapat beroperasi secara normal dalam melakukan aktivitas rutin dengan mengolah bahan baku menjadi produk yang memiliki nilai dan memiliki nilai jual bagi konsumen. Bahan baku memiliki kaitan yang erat dengan SDM untuk mengelola dan uang untuk mendapatkan bahan baku.

  1. Peralatan Mesin (Machines)
Mesin dan berbagai peralatan kerja memiliki peranan penting untuk mengolah bahan baku sebagai barang jadi. Ada berbagai kemudahan dan keuntungan dalam proses produksi dengan adanya mesin yaitu efisiensi waktu, cepat, banyak, dan produk yang dibuat sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan serta meminimalisir kesalahan dalam proses produksi.

  1. Metode
Sebuah perusahaan pasti memiliki sub-sub kera yang sering disebut dengan bagian atau divisi kerja. Setiap bagian atau divisi di perusahaan wajib memiliki tugas pokok, cakupan, dan aturan kerja yang jelas. Masing-masing divisi selalu memiliki berbagai metode untuk melakukan pekerjaannya. Setiap divisi juga saling berkaitan untuk menjalankan kegiatan perusahaan.

  1. Pasar
Ini adalah elemen yang  memiliki peranan penting bagi perusahaan. Pasalnya jika tidak ada konsumen atau permintaan pasar, aktivitas produksi perusahaan akan berhenti dan menyebabkan perusahaan merugi atau bahkan bangkrut. Untuk mempertahankan konsumen dan pasar, perusahaan wajib merencanakan dan mengatur strategi yang jitu untuk membuat produk yang berkualitas

Jenis Manajemen

Manajemen ternyata terdiri dari berbagai macam jenis dengan bidang masing-masing. Berikut ini adalah macam-macam manajemen yang umum dijumpai
  • Manajemen organisasi
  • Manajemen strategi
  • Manajemen administrasi perkantoran
  • Manajemen biaya
  • Manajemen pemasaran
  • Manajemen perusahaan
  • Manajemen personalia dan administrasi
  • Manajemen produksi
  • Manajemen waktu
  • Manajemen keuangan
  • Manajemen komunikasi
  • Manajemen konstruksi
  • Manajemen pendidikan
  • Manajemen stress
  • Manajemen agribisnis
  • Manajemen resiko
  • Manajemen SDM
  • Dll
Jadi ilmu manajemen sebenarnya sangat luas dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari sangat luas. Kehidupan manusia pada dasarnya tidak pernah terlepas dari manajemen.


EmoticonEmoticon