Friday, December 28, 2018

Jelaskan Teknik Renang Gaya Dada

Renang merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dalam olahraga renang, ada banyak teknik atau gaya yang dapat dilakukan, salah satunya adalah gaya dada. Gaya dada termasuk gaya renang yang paling tua. Dalam sejarah hingga saat ini, gaya dada merupakaan gaya renang pertama yang dipertandingkan dan sudah mengalami banyak perkembangan. Gaya tersebut sudah mulai populer sejak tahun 1875. Pada tahun 1930, gaya dada mulai dipisahkan dengan gaya kupu-kupu dada yang akhirnya berkembang sendiri menjadi gaya kupu-kupu

Jelaskan Teknik Renang Gaya Dada

Pengertian Gaya Dada

Gaya dada merupakan teknik renang dengan posisi dada atau badan menghadap ke permukaan air. Posisi tangan dibuka melebar kea rah samping seperti membelah air supaya badan lebih mudah bergerak ke depan. Sementara itu kedua kaki menenang ke luar. Posisi renang gaya dada sering dianggap meniru gerakan katak saat berenang sehingga juga sering dikenal dengan sebutan gaya katak. Jika dibandingkan dengan gaya renang lainnya, gaya dada dianggap sebagai gaya yang paling lambat.
Barangkali Suka ; Landasan Hukum Pelaksanaan Otonomi Daerah

Istilah Renang Gaya Dada

Gaya dada juga sering disebut dengan gaya katak karena gerakannya mirip dengan kaya katak. Namun gaya dada juga memiliki istilah asing yang biasa dipakai oleh para atlet renang atau para pelatih renang. Teknik renang dengan gaya dada juga biasa disebut dengan breast stroke.

Gerakan Renang Gaya Dada

Salah satu utama yang membedakan antara gaya dada dengan gaya bebas dalah teknik gerakan kaki. Cara melakukan gerakan kaki saat renang dengan gaya dada adalah kedua kaki ditarik mendekati pinggul dan kedua paha sedikit terbuka kemudian putar pergelangan kaki ke arah luar untuk siap mendorong. Setelah itu dorong kedua kaki ke belakang secara bersamaan agak menyamping sampai membentuk setengah lingkaran di bawah air.

Posisi Badan Renang Gaya Dada

Saat kedua lengan lurus di depan, kepala sebagian besar berada di bawah permukaan air dengan posisi pinggul dan bahu sedikit di permukaan atau sering disebut dengan istilah streamline. Pada waktu mengambil napas, kedua lengan bergerak seperti mendayung keluar sampai kembali ke posisi tangan istirahat lurus di depan. Untuk mengambil udara dari atas permukaan, cukup angkat bagian kepala dan leher.

Teknik Gerakan Renang Gaya Dada

Gerakan kaki pada renang gaya dada merupakan gerakan yang seolah membentuk gerakan kaki katak. Pada saat istirahat adalah fase saat tungkai kaki bawah ditarik bersamaan mendekati pinggul dan kedua kaki ke arah luar. Dari posisi tersebut, kedua kaki melakukan gerakan menginjak yang diakhiri dengan gerakan menendang sehingga kaki saling bertemu lurus di belakang. Biasanya gerakan ini juga disebut dengan propeller yaitu saat tungkai bagian bawah dan pergelangan kaki menjadi alatnya. Pada gaya ini, koordinasi gerak antara napas dan kaki dilakukan melalui melakukan kendali di kepala yaitu kepala diangkat, kaki mengikuti dengan ditarik ke arah pinggul, kemudian kepala masuk lagi ke air.
Coba Cek ; Penyebab Terjadinya Globalisasi

Cara Pengambilan Nafas Pada Renang Gaya Dada

Untuk mengambil napas saat renang gaya dada perlu dilakukan latihan terlebih dahulu. Di kolam yang dangkal, cobalah untuk membelakangi  dinding atau dengan menghadap dinding dan kedua lengan dilipat ke belakang punggung. Setelah itu lakukan irama menarik napas dari permukaan air lewat mulut dengan pandangan kea rah depan dan dada agak diangkat. Setelah itu, tundukkan kepala dan masuk ke permukaan air. Buang sisa-sisa pernapasan di bawah air lewat hidung.


EmoticonEmoticon