Friday, December 28, 2018

Pengertian Filsafat Ilmu Menurut Para Ahli

Pengertian Filsafat Ilmu Secara Umum

Filsafat merupakan studi mengenai berbagai fenomena kehidupan dan pemikiran kritis manusia yang dijabarkan ke dalam konsep yang mendasar. Hakikat filsafat ilmu adalah kajian secara filsafat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang hakikat dari ilmu.

Sejarah Filsafat Ilmu

Sejarah perkembangan filsafat ilmu secara umum menurut periodesasinya dikelompokkan menjadi 4 periode. Periode pertama pada zaman Yunani kuno kemudian periode kedua terjadi di abad pertengahan. Periode kedua ini merupakan abad kegelapan untuk dunia barat tetapi menjadi abad kejayaan bagi dunia Islam. Selanjutnya periode ketiga merupakan masa Renaissance dan era modern. Periode keempat merupakan zaman kontemporer. 

Definisi Filsafat Ilmu Menurut Ahli

1. Koento Wibisono
Ilmu dengan objek ilmu pengetahuan itu sendiri

2. Yuyun Sm Suriasumantri 
Bagian dari epistimologi yang membahas hakekat ilmu dari segi ontology, epistimologim dan aksiologi

3. The Liang Gie
Segenap pemikiran reflektif mengenai persoalan yang menyangkut landasan ilmu atau hubungan ilmu dari berbagai segi kehidupan manusia

4. Surajiyo
Upaya untuk mencari kejelasan tentang dasar-dasar kosep, postulat, dan sangka wacana mengenai ilmu dan upaya untuk menyingkap tabir dasar-dasar keempirisan, kerasionalan, dan kepragmatisan. Aspek tersebut memiliki kaitan yang erat hal yang epistemologis dan logis. Jadi filsafat ilmu memiliki peran berganda. Di sisi yang pertama, filsafat meliputi analisis kiritis terhadap anggapan dasar seperti kuantitas, kualitas, ruang, waktu, dan juga hukum. Di sisi lainnya, filsafat mencakup studi tentang keyakinan tertentu meliputi keyakinan tentang dunia ‘sana’, keyakinan tentang keserupaan di alam semesta, dan  kenalaran proses alami.

5. Robert Ackerman
Sebuah tinjauan kritis mengenai pendapat – pendapat ilmiah terbaru dengan perbandingan mengenai pendapat-pendapat di masa lalu yang sudah dibuktikan atau dalam kerangka ukuran yang sudah dikembangkan dari pendapat-pendapat tadi. Namun, filsafat ilmu ini bukan cabang bebas dari praktek ilmiah yang sebenarnya.
Silakan Baca ; Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

Manfaat Filsafat Ilmu

Ada banyak manfaat yang akan diperoleh ketika seseorang mempelajari filsafat ilmu yaitu sebagai berikut:
1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis
Mempelajari filsafat ilmu dapat membuat seseorang mampu berpikir kritis. Ketika seseorang cermat dan berpikir kritis, ia akan terhindar dari sikap solipsitik yakni menganggap pendapatnya yang paling benar.

2. Memiliki Pola Pikir yang Luas
Para ilmuwan biasanya terlalu fokus dengan dunia ilmiahnya dan sering melupakan hal-hal di sekitarnya. Mempelajari filsafat ilmu akan membuat mereka menyadari keterbatasan diri yang tidak bisa terlepas dari konteks sosial kemasyarakatan

3. Membangun Sikap Ilmiah
Ada batasan nilai epistemology saat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknlogi. Batasan tersebut dapat mendoorng wawasan untuk membentuk sebuah sikap ilmiah

4. Mencegah Bahaya Sekularisme Ilmu
Mempelajari filsafat ilmu akan membantu mengatasi bahaya sekularisme ilmu di bidang apapun. Batasan nilai ontologis untuk mengembangkan ilmu, perindustrian, dan teknologi akan membantu membantu mengatasi bahaya sekularisme berbagai bidang ilmu.

Objek Kajian Filsafat Ilmu

Sama seperti ilmu-ilmu lainnya, filsafat ilmu juga memiliki 2 objek yakni objek formal dan material. Objek material filsafat ilmu adalah suatu bahan yang dijadikan sebagai tinjauan penelitian atau membentuk pengetahuan baru dipandang dari suatu disiplin ilmu meliputi hal-hal abstrak maupun konkret.
Perlu Paham ; Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Sementara itu objek formal merupakan sudut pandang subjek dalam menelaah objek material. Pada objek formal, filsafat ilmu menaruh perhatian lebih pada masalah ilmu pengetahuan yang mendasar misalnya hakikat ilmu pengetahuan, cara mendapatkan kebenaran ilmiah, dan fungsi ilmu bagi manusia.


EmoticonEmoticon